Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wawancara bersama Cianjur Grunge United

Sejarah Cianjur Grunge United
Cianjur Grunge United merupakan sebuah kelompok atau komunitas yang didalamnya terdapat band-band pecandu musik Grunge [Baca : penggemar musik grunge] memainkan musik Grunge dan berkarya atas nama Grunge yang sudah terbentuk sejak 22 tahun yang lalu, disini Cianjur Musik Cadas mencoba megulik awal mula pergerakan Cianjur Grunge United, Proyek Kompilasi Cianjur Grunge United, Siapa saja band yang terlibat di Kompilasi Cianjur Grunge United,  Strategi Pemasaran Kompilasi Cianjur Grunge United, hingga arti Grunge bagi Cianjur Grunge United, dan sebagainya, wawancara ini ditujukan agar generasi muda mengetahui bahwa salah satu komunitas dari pergerakan musik independen di Cianjur sudah terbentuk sejak tahun 90an sampai saat ini. 

Saat wawancara ini berlangsung dijawab oleh seorang vokalis dan juga gitaris yang tak mau disebutkan namanya sebagai perwakilan dari Cianjur Grunge United serta menjabat sebagai admin sosial media Cianjur Grunge United di Instagram.

Silahkan baca wawancaranya.

01. Apa Kabarnya sekarang Cianjur Grunge United ?

Yes, Update Cianjur Grunge United sambil berjalan proses and progress S4 Compilation, kami tetep incharge di gigs2 baik internal cianjur maupun eksternal cianjur, yaa seperti kemarin Cianjur Grunge United mengirimkan beberapa band nya di event alien sukabumi,

Karena dengan gigs tersebut kita di internal sudah sepakat meletakkan fungsi gigs tersebut sebagai media promo pra rilis S4 compilation dan sebagai media sounding pergerakan grunge cianjur masih ada dan aktif.

Dan di internal juga kemarin ada obrolan mau bikin gigs memang tidak besar skalanya seh tapi akan melibatkan band grunge luar cianjur sebagai bentuk take and give apresiasi karena dari eksternal sudah seringkali mengundang band2 Ciajanjur Grunge United partisipasi.


02. Alhamdullilah, sekarangkan pergerakan Cianjur Grunge United sedang giat-giatnya, bisa ceritakan kepada pembaca Cianjur Musik cadas kapan awal mulanya terbentuk Cianjur Grunge United ?

Wait a minute i need focus for a flashback into year 1995,1996,1997

* Karena panjang mengenai sejarah Cianjur Grunge United, Cianjur Musik Cadas muat dalam sebuah artikel dihalaman berikut linknya : http://www.cianjurmusikcadas.com/2017/08/sejarah-cianjur-grunge-united.html


03. Sampai sekarang sudah ada berapa band yang tergabung dalam komunitas Cianjur Grunge United ? 

Untuk band ada sekitar 20 band ya.

04. Asik banyak juga ya, terkait tadi band yang tergabung di Cianjur Grunge United yang dikirim ke event alien 2 sebagai promo kompilasi Cianjur Grunge United, Cianjur Musik Cadas ingin tahu sejak kapan tercetus ide akan memproduksi kompilasi Cianjur Grunge United tersebut terbentuk ?

Naaaah ide kompilasi ini sebetulnya sudah sangat lama menjadi wacana, bahkan dari sumber - sumber yang ada bahwa Grunge Cianjur pernah hampir rilis kompilasi di tahun 98/99 kalo tidak salah.

Dan sudah memasuki tahapan recordingnya juga tapi belum sempat diproduksi karena terbentur beberapa hal.

05. Ternyata artefak itu juga pernah ada ya cuman tidak terselamatkan artefaknya ?

Yang menyedihkannya master recording tersebut yang dulu dalam bentuk DAT hilang dan nyampe sekarang aku sama rekan rekan yang lain masih menelusuri keberadaannya karena kalo itu trnyata masih ada, yes itu akan lebih mengungkap track record sejarah Grunge Cianjur dari masa ke masa.

06. Wah sangat sedih sekali ketika mendengar master karya hilang mengingat terhadap band lawas yang ingin kembali merilis karya emasnya namun master lagu tersebut hilang, terus kalau ide kompilasi yang sekarang sedang tahap penggarapan sejak kapan ide itu dibentuk kembali ?

Tercetus ide kompilasi S4 [ Still Stand Still Strong ] muncul di 2 tahun kebelakang tepatnya tahun 2015 gara gara mulai bergeliat lagi band - band Grunge Cianjur dan sering mangung bareng keluar kota dan atas dasar kesadaran bahwa scene Grunge luar kota pun merilis kompilasi, serta point utama S4 kompilasi adalah sebagai bukti otentik pergerakan, dan sebagai pasport band - band yang tergabung di dalamnya, karena dipikir dengan kompilasi ini sebagai bentuk promo band – band newbie yang baru tergabung di Cianjur Grunge United walaupun secara teknis bukan band baru juga
Daripda mereka merilis sendiri yang belum tentu mau seperti apa strategi promo dan lain lain nya, nah dengan kompilasi ini diharapkan sangat bisa membantu band -band yang dimaksud, atas bantuan (maaf) nama besar band seperti bukankabel,toiletroom,dollsteak dengan memanfaatkan nama mereka semua menjadi bersinergi. 

07.Judul kompilasi tersebut adalah Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong bisa ceritakan kepada pembaca Cianjur Musik Cadas arti dari judul tersebut ?  

Motto tersebut dicetuskan oleh our highest people sir aphoy silveria sebagai sebuah perasaan yang timbul karena kita di kurun waktu tahun 2005-2011 sempat mengalami situasi down karena dari cianjur yang tersisa hanyalah toiletroom dan kabel band yg aktifnya (sekarang jadi bukankabel) dan di kurun waktu tersebut beberapa pelaku sudah off incharge event yang terakhr dilaksanakan di cibodas di tahun 2006/2007 kalo tidak salah, kita tidak mempunyai spot camp dan hanya tersisa beberapa orang saja yang notabene adalah personil juga

Dan di tahun 2011 ada semacam pertemuan rahasia hahahahahah untuk menegakkan kembali bendera yang hampir roboh ini dengan memaksimalkan media sosial facebook dan melakukan gerilya japri ke para pelaku yang off incharge dan melakukan kordinasi dengan komunitas Britishnight Cianjur untuk membuat split event BritishSeattle Sounds, Akhirnya perlahan tapi pasti dengan trik tersebut memancing people Grunge Cianjur muncul dengan didukung sedang ramai menggeliatnya event Grunge di luar kota.

Still Stand Still Strongs timbul dan didedikasikan untuk semua elemen dan partikel yang masih keukeuh nangtungkeun ieu bandera (*Cianjur Grunge United).

Dengan segala benturan urusan keluarga, pekerjaan, problematika dari masing - masing personal di internal Cianjur Grunge United, kita semua masih kuat berdiri bersama di Cianjur Grunge United dan kita masih menyempatkan ngurusin beginian, Thats a point about S4.

08Sejauh ini ada berapa band yang akan menghiasi album kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong ? 

Diantaranya 1. Bukankabel, 2. Toiletroom, 3. Dollsteak, 4. Levelnine, 5., Glimpse of doomsday, 6. Antiseptic [Cianjur], 7. Emptyness, 8. Dimension seven, 9. Cool moment, 10. PoshGaul, 11. 7th heaven is back, 12. Sirocka, 13. Crossroads, serta 2 band lagi yang masih tarik ulur, yang sudah fix 13 band.

09. Apa yang Cianjur Grunge United tawarkan nanti dalam kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong yang sedang dalam penggarapan ini ?

Yang akan kami tawarkan akan meliputi berbagai aspek, mulai dari edukasi bagaimana membuat suatu kompilasi berikut manajemennya, bagaimana kita membuat suatu formula adonan musik grunge yang extraordinary tanpa melupakan basic root-nya sendri, grunge yang kami tawarkan dijamin ini akan menjadi suatu pembaharuan atas dasar pemikiran bahwa Grunge bisa melabrak batas - bats yang telah terbentuk oleh mindset fanatisme nirvanaisme so sorry kita tidak bisa dikekang oleh fanatisme tersebut, Just only we want makes some different but still having a soul of grunge, CMC coba deh perhatikan sebagian rilisan kompilasi Grunge yang ada (maaf) mereka masih ngasal dan begitu banyak hal - hal yang terpikirkan seperti contoh kecil : visi misi kompilasinya apa? Hanya sekedar mengakomodir band - band untuk kirim demo dan dirilis ??? Udah itu saja ???

Di S4 kompilasi kita memikirkan bagaimana sound recording, packaging, marketing dan break event pointnya sendiri yaitu : bersenyawa, bersinergi dan regenerasi.

10. Jadi kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong yang di tawarkan bisa dibilang dikonsep dengan baik. ?

Insyaallah we did we created maximally for the best result. atas nama Cianjur Gruge United sendri dan didedikasikan untuk musik Grunge Indonesia dan sebagai tribute untuk para Hero Grunge Cianjur yang sudah pernah menancapkan bendera ini,

11. Konsep kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong sendiri seperti apa hingga band band katakanlah Rock Alternative maupun Grunge bisa ikut ambil bagian ?

Good Question, Di list ada nama Sirocka dan Crossroads, mereka notabene not a pure grunge as band tapi dari beberapa kali pertemuan dan dialog langsung, mereka sangat menyukai musik Grunge dan mereka ingin ikut ambil bagian di project ini, why not?, Internal Cianjur Grunge United open and available terhadap hal - hal semacam ini selama alurnya masih masuk rules yang sudah Cianjur Grunge United sounding, Lets goooh, Kita tidak membatasi untuk hal tersebut karena kita sangat diuntungkan karena ada semacam suntikan darah baru di tubuh kita proses regenerasi sudah dimulai ternyata, ya konsepnya ya itu tadi : eksistensi pergerakan dan regenerasi.

12. Apakah Cianjur Grunge United memiliki standar lagu dari band yang terlibat dalam kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong ?

Kebetulan masuk sebagai music director dan public speaking di project kompilasi ini, standarisasi sendiri kami membebaskan band untuk mengeksplorasi lagunya masing - masing tapi dengan syarat ketentuan bahwa lagu tersebut musti lolos syarat kelayakan dari music director, seperti apakah lagu tersebut bisa diterima oleh audiens ? dengan mengacu any having sense of commercial ? Karena rilisan ini akan kita lempar ke pasar sudah selayakna kita filter kualitasnya, dari sound, detail musik, speeching lirik, isi lirik, misi visi/background lagu dan hal - hal penunjang lainnya kita perhatikan sampai ke arah sana music direction berhak mengedit memberi inputan terhadap semua materi lagu band - band S4 compilation. 

13. Jika dari segi hasil produksi lagu yang nanti rilis akan seperti apa gambarannya dari setiap band yang terlibat ?

Kalo untuk audio seperti yang sudah di sounding seblumnya bahwa kita bekerja sama dg Mr Records dengan maksud untuk menghindari kesan belang antara sound band yang satu dengan band yang lainnya, jadi kita sepakat menunjuk Mr.Records sebagai penyedia audio kita agar hasilnya audio yang terdrngar menjadi balance tanpa mengurangi ciri khas karasteristik band masing – masing, Untuk gambaran lagu sekilas sudah mendengarkan keseluruhan akan ada warna post grunge, sedikit sentuhan metal, warna punk juga ada atau kalau boleh dirangkum rata - rata memainkan tempo up beat ya malahan ada salah satu band warnanya, sebut dark grunge karena nuansa yang ditimbulkannya kelam dan feel lonely macam warna The Smashing Pumpkins gitu, 

Kalau untuk masalah lirik masih bercerita tentang kehidupan dan beberapa menyuarakan perlawanan dan pride, keseluruhan isi S4 kompilasi semoga bisa menjadi semacam perasmanan dalam resepsi pernikahan yang dihiasi berbagai macam booth makanan baik berat maupun ringan, audiens dipersilahkan menikmti hidangan tersebut dengan senang dan gembira.

14. Setalah nanti selesai penggarapan, apakah kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong ini akan dirilis dalam bentuk cakram padat ?

Yes, kita akan produksi dalam bentuk CD dan ada masukan juga supaya bikin edisi limited packaging plus plus kita masih mikirin sempet limited packagingnya.

Empat band dari Cianjur Grunge United akan Menjajal Panggung Alternative Nation II
Foto : Dokumen Cianjur Grunge United

15. Diproduksi se-ekslusif dan se-limited apakah nanti kemasan kompilasi Cianjur Grunge United 
Still Stand Still Strong?

Jadi gambarannya contoh kita rilis 500 keping, nah 100 nya kita bikin limited edition dan 400 keping CDnya rilis biasa.

16. Secarakan kompilsi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong akan dicetak dalam bentuk cakram padat, nah rencananya apakah akan didistribusikan / disebarkan ke luar kota Cianjur ?

Betul,  Nah kita memberlakukan sistem all band difungsikan sebagai marketing dengan kita menunjuk 1 team leader untuk mengurus sell in nya, dengan maksud penyebaran ini akan berdamapak lebih luas segmented nya, kita akan sangat terbantu dengan sistem ini karena ya itu tadi kita mengandalkan fan base dan relasi band masing – masing.

17. Sampai saat sudah mengantongi tempat dimana saja akan disebar ? 

Jabodetabek, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Blitar), Mataram, Sumbawa.

Jadi dengan kita melibatkan band sebagai marketing ada fanbase subsidi silang gitu, contoh fanbase toiletroom dengan adanya kompilasi ini jadi tahu musiknya band antiseptic, emptyness misalkan sebaliknya pun begitu. 

Vendor distro semacam riotic, omunium sudah masuk daftar untuk titip jual juga.

18. Ya betul sekali  band ikut ambil bagian sebagai marketing, bisa dibilang memanfaatkan penggemarnya maupun teman - teman yang menyukai musik yang dimainkan, karena kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong di produksi cukup besar dalam jumlah jadi sangat perlu untuk disebarluaskan.

Ya sebagai knowledge juga ke masing masing band bagaimana trik distribusi tersebut.

19. Berarti kompilasi Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong bisa di katakan Dit [ do it together] dilihat secara produksi tidak melibatkan records label / indie label ?

Yes, All is D.I.T [ Do It Together ] 

20. Sejauh ini rencana yang paling terdekat Cianjur Grunge United ?

Rencana terdekat baru tadi malam ada bahasan kita mau bikin gigs cuma belum fix kapan – kapannya. 

21. Bisa dibocorkan gigs dengan konsep seperti apa, apakah studio show kembali seperti yang sudah dilaksanakan akhir-akhir ini ?

Mini gigs di café, sepertinya nggak di studio dan kita akan melibatkan temen - temen Grunge luar kota juga. 

22. Akankah ada rencana melakukan pesta launching Kompilasi  Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong nanti ?

Pasti, itu sudah masuk dalam agenda, malahan pengen juga bikin konsep tour launching. 

23. Jika agenda tour terealisasikan itu akan sangat sangat bagus dan keren untuk komunitas Cianjur Grunge United 

Insyaallah sambil berjalan kita sudah dapat venue di 2 titik yaitu jakarta sama bintaro.

24. Oya pertanyaan tertinggal, sekarang kan media musik dimana mana, tinggal kitanya saja mau atau nggak memberitahukan atau mengirim materi karya untuk diberitakan / review, apakah memiliki rencana mengerjar media musik luar cianjur untuk memberitakan pergerakan kompilasi  Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong karena menurut Cianjur Musik Cadas itu juga sangat perlu sekali agar lebih meledak lagi informasinya setelah nanti rilis album kompilasinya ?

Yes, untuk media partner luar kita ada akses baru di Grunge.id atau barangkali Cianjur Musik Cadas ada info media partner luar cianjur boleh diinfokan. 

25. Siapa tahu pembaca Cianjur Musik Cadas ada yang memiliki band Grunge baru dan ingin bergabung, apakah Cianjur Grunge United terbuka untuk band - band baru yang ingin bergabung di komunitas Cianjur Grunge United ? 

Cianjur Grunge United terbuka sekali, sangat ditunggu kalau ada.  

26. Mendekati pertannyaan terakhir, pertanyaan standar banget, apa sih arti Grunge bagi komunitas Cianjur Grunge United [ secara universal ] hingga akhirnya terbentuk Cianjur Grunge United ? 

Ckckck sepanjang perjalanan cianjur- bogor berfikir apa arti Grunge untuk Cianjur Grunge United asli this is hard question ahahahahha, 

Okelaah Grunge untuk kami adalah sebuah media dimana kami membebaskan diri untuk menjelajahi semua aspek kehidupan seperti kesedihan, kegembiraan, persahabatan bahkan cinta, rasa kehilangan, kesepian yang kami tuangkan dalam lirik bermakna konotatif dan kami dramatisir dengan balutan distorsi noise bisa kasar ataupun halus, grunge memberikan tempat yang cukup nyaman untuk kami bereksplorasi.

27. Okey, Cianjur Grunge United dua pertanyaan terkhir, apa yang kalian harapakan pada skena musik independen lokal atau underground di Cianjur ?

Ekspektasi kami terhadap scene local Cianjur terutama underground supaya lebih rapat lagi barisannya, semua elemen dan partikel bersinergi semua bisa combine dalam satu kalimat Cianjur Movement saling mengedukasi satu sama lain yang tua atau senior bisa lebih merangkul para juniornya dan mengarahkannya sebaliknya yang muda atau junior bisa menghargai apa yang sudah ditanam oleh para pendahulu dan bisa lebih membuat suatu yang progress sehingga kultur talenta Cianjur tetap terjaga integritasnya. All United, tentunya asa 1 lagi keingginan semoga bisa terealisasikan oleh Cianjur Musik Cadas yaitu Hearing Session lintas genre.

28. Sebelum berakhir haha, pertanyaan standar nih bisa rekomendasikan 5 album paling nampol [ selain nevermind dan ten ] untuk pembaca Cianjur Musik Cadas agar tekena virus Grunge dengan kata sederhananya Alternative Rock versi admin Cianjur Grunge United  atau anak - anak Cianjur Grunge United [ paling banyak disukai ] pastinya dong ya ?

Dari urutan 1 sampai 5 : 1. Frogstomp – Silverchair, 2. In utero – Nirvana, 3. Versus - Pearl Jam, 4. Inhaler – TAD, 5. My Own Prison – Creed, urutan album terbaik yang mewakili dari mulai level beginner-intermediate-expert hahahahaha.

29. Sebelum berakhir lagi, apakah ada yang belum disampaikan terkait Cianjur Grunge United atau kompilasi  Cianjur Grunge United Still Stand Still Strong agar pembaca Cianjur Musik Cadas lebih mengetahui lebih dalam lagi ?
Titip pesan untuk pelanggan Cianjur Musik Cadas bahwasanya musik Grunge dan sken Grunge nya sendiri pernah besar dan mewabah di Cianjur sepersekian luas diameter GGM sebagian besarnya adalah massa Grunge, dan pergerakan ini akan terus merecoki dan tetap menjadi bagian pergerakan musik di Cianjur dan kami sangat terbuka untuk siapapun yg ingin incharge ataupun hanya sekedar sharing tentang Grunge ditunggu saja rilisan kompilasi kami yang akan menambah lagi edukasi indra pendengaran temen - temen anti mainstream bahwa Di denyut metal, punk, hardcore ada terselip Grunge.

30. Terakhir, apa pendapat, opini, saran, kritik dari Cianjur Grunge United terhadap Cianjur Musik Cadas, jawab sejujur jujurnya ?

Opini,saran untuk Cianjur Musik Cadas tetaplah menjadi bagian pergerakan musik hingar bingar Cianjur, karena peran Cianjur Musik Cadas sangatlah penting untuk kami, pergerakan tidak akan terwujud tanpa media pewarta, Cianjur Musik Cadas terbaik yang pernah ada. 

Untuk kritik semetara belum ada soalnya review Cianjur Grunge United semuanya garis merah dua alias positif.

The Band following on this project are : - Dollsteak - Toiletroom - Posh Gaul - Antiseptic - Emptyness - Cool Moment - 7th Heaven Is Back - Level Nine - Dimension seVen - Sirocka - Crossroad - Foctsound - Opera House - Glimpse Of Doomsday - The Flannel Wacana yang tertunda di jangka waktu yang lumayan panjang dan lama, bersinergi tiada sekat diantara kami, bertahan dengan segala dilematika problema yang ada yeees kami tetap ada, sejarah akan mencatat memorabilia yang diwujudkan dalam kesatuan Cianjur Grunge United "Still Stand Still Strong" Compilation sebagai bentuk rilisan fisik bahwa di kota kecil ini ada sebuah sejarah pergerakan grunge scene. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada para pendahulu ijinkan kami tetap meneruskan dan menancapkan bendera ini 😊 Salam Hangat 🙏 #cianjurgrungeunited #stilstandstillstrong #roadtoCGUcompilation #guarkeun
A post shared by cianjur grunge united (@cianjurgrungeunited.officials) on